Minggu, 01 September 2013

Profil Jurusan Biologi

Hey guys, meet me again :D
Kali ini saya akan membahas tentang profil yg ada di jurusan fmipa UNESA, khususnya jurusan Biologi.
So, here we go!

Jurusan biologi fmipa UNESA dibagi menjadi 2 program pendidikan atau biasa disebut prodi, yang pertama Pendidikan Biologi, yang nantinya akan menjadi calon guru di sekolah-sekolah. Yang satunya lagi Biologi murni, sayangnya di tahun ajaran 2013 ini jurusan biologi tidak membuka prodi Biologi Internasional seperti di tahun ajaran sebelumnya, tapi sebagai gantinya prodi itu membuka yang baru lagi, nanti ya penjelasannya, hihi.
Nah, lanjut ke Biologi murni lagi. Biologi murni atau non-kependidikan, setelah kita lulus dari prodi ini nantinya kita nggak cuma bisa jadi guru loh, kita yang masuk ke prodi Biologi murni ini nantinya bisa kerja di lembaga-lembaga penelitian seperti LIPI, bisa kerja di bagian-bagian rumah sakit, bisa jadi dosen kalau kita lanjut ke S-2, bahkan kita juga bisa jadi wirausahawan loh, keren gak tuh? Keren doong :3
Di biologi UNESA ini ada beberapa komunitas yang dikecimpungi oleh mahasiswa UNESA sendiri, yaitu Komunitas Mikrobiologi, Komunitas Dark Orchid, Komunitas Ormitologi, Komunitas Moluska, dan Komunitas Fungi.
Komunitas Mikrobiologi adalah komunitas yang berkecimpung di benda-benda mikro, yaiyalah namanya aja mikrobiologi -____- Nah, di komunitas ini kita bisa belajar tentang banyak hal dan akhirnya bisa menghasilkan produk pangan sendiri, misalnya tempe, yoghurt, dan nata de coco. Dari bahan pangan itu tadi bisa kita jual kan, bisa ke sama-sama mahasiswa, bisa juga ke tetangga dekat rumah, ini yang saya maksud jadi wirausahawan, hihi..
Komunitas Dark Orchid adalah komunitas pecinta bunga anggrek. Tuh cewek-cewek yang suka bunga anggrek, pasti bakal enjoy banget kalo kalian masuk ke komunitas ini, kalian bisa ngapain aja sama bunga anggrek kesukaan kalian :D
Komunitas Ormitologi adalah komunitas pecinta burung. Semua yang berhubungan sama burung ada di komunitas ini, chao gabung!
Komunitas Moluska, nah komunitas ini berhubungan dengan alam, jadi bagi kalian yang suka adventure cocok banget masuk ke grup ini. Kalian bisa meneliti objek-objek yang kalian dapet waktu adventure di lab.
Yang terakhir ada Komunitas Fungi, komunitas tentang budidaya mikologi. Namanya FUNGI STUDY CENTER, di grup ini kita bakal belajar tentag jamur yang bisa untuk dikonsumsi, misalnya aja jamur tiram. Di komunitas ini kita bisa belajar gimana sih cara buat mengembang biakkan jamur tiram sampai bisa dikonsumsi, dan kalo kita udah mahir kita bisa loh mengembangbiakkan jamur ini dalam jumlah besar untuk dijual, kita bisa jadi wirausahawan lagi, asiiikk..
Sebenernya di biologi juga banyak organisasi-organisasi kemahasiswaan, misalnya aja HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Biologi.
Oya, lanjutan bahasan saya yang tadi tentang program baru sebagai gantinya prodi Biologi Internasional. Karena prodi Biologi Internasional tidak ada di tahun ajaran ini maka sebagai gantinya dalam jurusan biologi akan dibuka kelas unggulan, namun sayangnya kelas unggulan ini hanya ditujukan untuk mahasiswa dari prodi Pendidikan Biologi saja, yaah sayang banget ya. Jumlah mahasiswa untuk kelas ini pun dibatasi maksimal hingga 45 mahasiswa. Karena mahasiswa yang ada jumlahnya mencapai 95 orang maka mereka harus diseleksi melalui tes lagi agar mendapat mahasiswa yang benar-benar unggul. Untuk perbedaan program antara kelas unggulan dengan kelas reguler saya pribadi masih belum tahu, maklum mahasiswa baru, hihi xD
Untuk sementara itu aja yang bisa saya post, see ya in the next post! :3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar