Minggu, 01 September 2013

Profil Fakultas

Hey guys, long time no post, haha. Kali ini saya mau nambahin sedikit info tentang UNESA. Tapi dikit aja yang bisa saya tulis disini, intinya aja, gpp ya? hehe..
UNESA (Universitas Negeri Surabaya) lokasi kampusnya ada di 2 wilayah. Yang pertama ada di Ketintang, trus yang kedua ada di daerah barat, tepatnya di Lidah Wetan.
Kita mulai kampus Ketintang. Di Ketintang yang merupakan pusat kegiatan UNESA, punya beberapa Fakultas, antara lain:
1. FMIPA (Fakultas Matematika dan IPA)
Di FMIPA ini ada beberapa jurusan yaitu Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia. Di jurusan ini ada yang kependidikan juga keilmuan. Sementara ada juga yang namanya jurusan SAINS. Nah bedanya di SAINS ni Cuma ada program kependidikan aja, ga da yang keilmuan. Di FMIPA ini banyak mencetak generasi berprestasi unggul yang tak kalah dari Universitas lain.
2. FIS (Fakultas Ilmu Sosial)
FIS-nya UNESA sekarang udah keren loh. Ga kalah kerennya sama Universitas ternama sekalipun. Ko bisa? Ya iyalah, masa ya iya donk. Disini tersedia jurusan Sejarah, PMPKn, Geografi, Sosiologi and ga kalah presticenya UNESA udah punya jurusan HUKUM, karena ini jurusan yang lagi fresh, banyak dicari ,dan tentunya akan melahirkan para ahli dalam bidang hukum.
3. Fakultas Teknik
Waw, dari namanya udah maskulin banget ya… ya emang pada faktanya disini banyak jurusan yang membutuhkan tenaga ekstra kerena disini ada jurusan Mesin, Bangunan,dan Sipil. Eits, buat yang punya jiwa sabar dan kreatifnya tinggi ada juga jurusan Tata Boga, Tata Busana, dan PKK. Jangan salah, UNESA pernah menyabet juara dalam lomba membuat Robot, tingkat nasional lagi. Di Tata Busana prestasinya juga segudang. Jadi tenang aja FT UNESA kereeeen (y).
4. Fakultas Ekonomi 
Fakultas Ekonomi menaungi Jurusan Ekonomi, Akuntansi, dan Management. Klo kamu mau ketemu sama tokoh idola pendidikan ya tepatlah jika kalian masuk FE UNESA. Tau siapa yang dimaksud? Ki Hadjar Dewantara. So, ga akan menyesal milih FE nya UNESA.
Nah sekarang kita meluncur ke ujung barat, yaitu kampus Lidah Wetan. Di Lidah Wetan ada tiga kampus yang berdiri kokoh disini.
1. Fakultas Ilmu Pendidikan
Fakultas yang amat kental dengan nuansa kependidikannya. Disini ada yang namanya PGSD (Pendidikan Guru SD). Guru yang amat berjasa dalam sejarah perjalanan pendidikan kita.
Selain itu di FIP ini ada jurusan Bimbingan Konseling, Pendidikan Luar Sekolah, Teknologi Pendidikan, Management Pendidkan, dan Psikologi. Selain itu ada PGTK yang dibawah naungan FIP, hanya saja tempatnya terpencar di Teratai. Sementara ada juga yang di Gedangan yaitu Pendidikan Luar Biasa.
2. Fakultas Bahasa dan Seni
Fakultas yang amat majemuk, unik dan berbudaya tinggi, karena disini terdiri dari jajaran bahasa dan kesenian. Baik bahasa negeri atau asing. Jurusan yang ada yaitu Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah(Jawa), Bahasa Jepang, Bahasa Jerman and Bahasa Inggris beserta departmentnya yaitu D3 Business English.
Selain literature bahasa ada juga aparat seni kaya jurusan Seni Drama Tari dan Musik, D3 Desain Grafis, Seni Rupa, dan P3TV. Prestasi yang disabet FBS-nya UNESA udah amat terkenal, mulai dari juara debat bahasa inggris nasional sampai pengiriman mahasiswa ke Jerman dan Jepang.

3. Fakultas Ilmu Keolahragaan
Seketika orang akan berfikir, FIK=Fakultas Ilmu Kedokteran. Jangan salah disini malah bukan hanya kedokteran tapi juga kanuragan…maksudnya di FIK ini cikal bakal dari para pengharum nama bangsa. Disini ada tiga jurusan yang amat tangguh yaitu : Pendidikan dan Kepelatihan Olahraga (yang mau jadi pelatih olahraga professional, disini ni tempatnya), Pendidikan Jasmani (calon guru olahraga di sekolah-sekolah), dan yang terakhir Pendidikan Olahraga. Di FIK UNESA udah banyak mencetak atlit handal tingkat nasional.

VISI, MISI, DAN TUJUAN FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA (FMIPA)

Visi   : Unggul dalam Pendidikan dan Keilmuan
Misi : 
  1. Menghasilkan lulusan yang berkepribadian tangguh dan profesional di bidang pendidikan MIPA dan MIPA yang mampu berkompetisi dan berkolaborasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat,
  2. Mengembangkan Tridarma Perguruan Tinggi, dalam bidang pendidikan MIPA dan MIPA,
  3. Mengembangkan ilmu MIPA dan memperkuat pendidikan MIPA yang relevan dengan perkembangan ipteks secara nasional dan internasional,
  4. Mengembangkan pusat keilmuan dan pendidikan dasar dan menengah MIPA.
Tujuan : 
  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan yang religius, mandiri, berkemampuan kewirausahaan, berjiwa pemimpin, dan profesional;
  2. Mengembangkan penelitian yang unggul dalam bidang pendidikan dan pengajaran;
  3. Mengembangkan ipteks yang dilandasi profesionalisme;
  4. Mengembangkan kerja sama dengan lembaga/instansi baik pemerintah maupun swasta, dan stakeholders untuk keberlanjutan pelaksanaan program studi dan atau pembukaan program studi baru;
  5. Menjadikan FMIPA sebagai pusat keilmuan dan pendidikan dasar dan menengah MIPA
So, cukup segitu aja postingannya guys. Thanks for visit :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar