Jumat, 13 Desember 2013

Artikel Biologi (Macam-Macam Tumbuhan Langka di Indonesia)


     Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki hutan tropis yang sangat luas. Terdapat banyak ekosistem hewan dan tumbuhan. Disamping itu sekarang banyak hewan-hewan yang diburu untuk diperjual belikan begitu juga tumbuhan yang ditebang dan juga diperjual belikan. Maka dari itu banyak hewan-hewan dan tumbuhan yang hampir langka. Langka artinya populasinya tinggal sedikit di dunia sehingga terancam punah.

         Maka dari itu kita harus menjaga populasi hewan dan tumbuhan yang hampir punah. Dengan cara tidak menebang pohon secara liar ,pemburuan liar dan masih banyak lagi.
         Kita harus bisa mengetahui tumbuhan dan hewan apa yang hampir punah. Contohnya adalah tumbuhan Kantong Semar, Anggrek Hitam dan Rafflesia.


PERLINDUNGAN DAN MENGENALKAN JENIS TUMBUHAN LANGKA DI INDONESIA SERTA LANGKAH-LANGKAH KONSERVASI SERTA MANFAAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
1) Tumbuhan Kantong Semar.
     Banyak orang yang tau dengan tumbuhan kantong semar ini. Tetapi juga ada yang tidak tahu dengan tumbuhan kantong semar ini. Tumbuhan kantong semar ini di ambil dari tokoh pewayangan karena perut semar yang gendut sama seperti kantong yang dimiliki oleh kantong semar. Kantong semar ini hanya lah memakan serangga yang fungsinya untuk memenuhi kebutuhan Nitrogen. Tumbuhan kantong semar ini sendiri adalah tumbuhan edemik. Edemik karena hanya hidup di berbagai belahan dunia, yang salah satu negaranya yaitu Indonesia. Tumbuhan ini memiliki 103 spesies. 64 jenis diantaranya terdapat di Indonesia 32 jenis terdapat di Borneo, 29 jenis terdapat di Sumatera, di pulau lainnya belum diketahui secara jelas. Tetapi menurut penelusuran di Herbarium Bogoriense, Bogor, ditemukan di Sulawesi minimum 10 jenis, Papua 9 jenis, Maluku 4 jenis dan Jawa 2 jenis.
    
     Kita sebagai anak Indonesia dan warga Indonesia harus menjaga tumbuhan kantong semar ini dengan membuat cagar alam dan melindunginya. Tetapi kita tidak boleh merawat secara individu,karena jika kita merawatnya sendiri,kita akan mendapatkan hukuman dari pemerintah. Karena tumbuhan yang sudah hampir punah tidak boleh dirawat secara individu harus diberikan kepada pemerintah.
      Manfaat dalam kehidupan sehari-hari yaitu sebagai obat yaitu bagian cairan kantong yang masih tertutup, sebagai tanaman hias, dan sebagai pengganti tali bagian batang kantong semar.

2) Anggrek Hitam
    Nama latin dari anggrek hitam adalah Coelogyne pandurata. Anggrek hitam adalah tumbuhan yang spesiesnya hanya terdapat di Kalimantan saja. Anggrek hitam ini banyak dijumpai di Cagar Alam Padang Luway karena itu adalah habitat aslinya. Disebut anggrek hitam karena memiliki lidah (labellum) berwarna hitam dengan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Anggrek ini biasanya mekar pada bulan Maret sampai Juni. Para ahli sering menjadikan warna hitamnya sebagai sumber utama untuk menghasilkan silangan baru dengan warna corak yang menarik. Daun mahkota berbentuk langset. Daun anggrek hitam berbentuk lonjong. Perbedaannya tumbuhan anggrek hitam dengan anggrek lainnya yaitu baunya sangatlah semerbak. 

     Sepal dan petal berwarna hijau muda. Daunnya sekilas mirip seperti tanaman kelapa muda. Konservasi anggrek ini dengan mendirikan cagar alam dan melindunginya,jangan sampai ada yang merusaknya apalagi diperjual belikan. Karena anggrek ini sudah sangat langka walaupun di Kalimantan.
Manfaat anggrek ini yaitu  salah satu sumber pengobatan herbal, anggrek hitam juga biasa dibuat symbol, juga sebagai tanaman hias yang sangatlah indah.

3) Rafflesia Arnoldi
Rafflesia arnoldi adalah tumbuhan parasit obligat. 
Rafflesia Arnoldi paling banyak terdapat di pulau Sumatera umumnya (Bengkulu,Jambi,dan Sumatera selatan). Tumbuhan ini juga disebut tumbuhan yang terbesar didunia. Di jawa hanya terdapat satu Rafflesia yaitu Rafflesia patma. Bunga Rafflesia pertama kali ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles dan Dr.Arnoldi. 

     Pembuahannya dibantu oleh serangga, angin, dan air. Tumbuhan ini pertumbuhannya bisa mencapai 9 bulan. Jika bunganya sedang mekar akan berlangsung selama 1 minggu, dan biasanya mekar pada bulan Agustus sampai November. Karena baunya yang busuk, memiliki bau yang khas maka dari itu baunya ini dapat memancing serangga untuk datang.
      Cara mengonservasi tumbuhan ini yaitu membuat cagar alam, seperti cagar alam yang ada di Bogor dan di hutan baluran juga ada tumbuhan Rafflesia.
  Tumbuhan Rafflesia ini memiliki manfaat bagi kehidupan sehari-hari yaitu untuk pengobatan tradisional, bahan dasar pembuatan ramuan atau jamu, untuk menolong kesehatan wanita, objek pengamatan.

4) Tumbuhan Jati
     Tumbuhan jati adalah tumbuhan yang hidup pada curah hujan tertentu, kira-kira dengan curah hujan  1 500-2 000 mm/tahun. Ciri-ciri pohon jati ini yaitu dengan batang yang bulat lurus,bisa mencapai 40 meter. Batang bebas cabang dapat mencapai 18-20 m. Daun berpucuk lancip dan bertangkai pendek. Buahnya berwarna putih dan keras. Pohon ini bisa berbunga pada musim hujan,dan pada musim kering juga bisa tetapi cadangan airnya harus cukup. Pohon jati ini saat masih muda batangnya berbentuk segi empat karena termasuk FAM. Pohon jati adalah pohon monopodial (hanya memiliki satu batang).

Langkah-langkah konservasi tanaman jati yaitu. Tidak membakar hutan sembarangan,menebang dengan cara tebang pilih.
Manfaat pohon jati dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk sebagai bahan baku pembuat kapal laut,bahan baku furniture,rantingnya dimanfaatkan untuk kayu bakar,daunnya dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan dan kulit pohon jati juga bisa dimanfaatkan sebagai dinding.

5) Cendana
Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahannya memerlukan pohon inang untuk mendukung kehidupannya, karena akarnya sendiri tidak bisa mendukung kehidupannya . Kayu cendana ini diyakini aslinya dari NTT khususnya pulau Sumba. Kayu cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat dengan Tuhan. Kayu cendana ini memili bau yang sangat harum. Minyak dasar kayu cendana ini sangatlah mahal, dalam bentuknya yang murni. Terutama digunakan untuk penyembuhan Ayuverda dan untuk menghilangkan rasa cemas.

Konservasi cendana yaitu membangun kembali budidaya cendana,tidak dengan cara membakar hutan secara liar,penebangan hutan yang sangat liar,dan tidak untuk diperjual belikan oleh masyarakat setempat.
Manfaat pohon cendana dalam kehidupan sehari-sehari yaitu sebagai bahan dasar pembuatan parfum,rempah-rempah,bahan dupa,dan sebagai aroma terapi.
6)Enau
Tumbuhan enau atau aren adalah palma yang penting setelah kelapa karena merupakan tanaman yang serbaguna. Palma besar dan tinggi dapat mencapai 25 m. Batang pokoknya kuku dan pada atas diselimuti oleh serabut yang berwarna hitam yang biasa disebut ijuk. Ijuk sebenarnya bagian dari pelepah daun yang menyelubungi batang. Pohon enau ini biasanya tumbuh di lereng-lereng atau di tepi sungai. Biasanya enau ini jika dimemarkan dengan cara dipukul-pukul beberapa hari, bisa menghasilkan cairan yang disebut Nira/legen.

Langkah konservasi menjaga kelestarian enau yaitu dengan tidak menebang secara liar, menebang dengan cara tebang pilih,menjaga hutan supaya tidak ada lagi pembakaran hutan.
Manfaat dalam kehidupan sehari-hari yaitu untuk buahnya dapat dibuat manisan,ijuknya dibuat sapu, tulang daunnya dibuat sapu lidi,untuk obat demam, obat sakit perut,biasanya juga dibuat gula, dan untuk obat susah buang air besar.

7)Balam Suntai
Balam suntai adalah salah satu tanaman langka asli Indonesia. Tanaman langka ini memiliki kualitas kayu yang baik. Kelas keawetan tanaman langka ini kelas IV dan kekuatannya kelas II. Maka tidak heran bahwa tanaman langka ini banyak di cari orang. Jangan coba-coba untuk memburunya karena tumbuhan ini sangatlah terancam punah.

8)Damar
Damar adalah tumbuhan langka yang berasal dari Papua. Damar adalah salah satu jenis pohon potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Tanaman langka ini tingginya bisa mencapai 60 m dan diameternya 2 m. Damar adalah hasil dari sekresi dari pohon sorea dari suku meranti-merantian atau Dipterocarpaceace. Di dalamnya termasuk damar mata kucing dandamar gelap. Damar menyebar di Maluku dan Sulawesi.

Manfaatnya dari getah damar yaitu untuk pembuatan korek api,plester,venis,lak,tinta cetak,dan pelapis tekstil. Kita dapat membudidayakan tumbuhan Damar ini dan mencegah dri kepunahan seperti tidak ditebang secara liar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar